*Apakah
peran dan tanggung jawab Project Manager dan Project Leader secara umum dan
secara khusus pada 7 fase Pengelolaan Proyek Sistem Informasi.
Project
Manager (Project Manager)
- Peranan
Project Manager
Menjual Pekerjaan
Manajer proyek (SellingT
he project Manager Job).
- Tanggung
jawab Project Manager secara umum
Tanggung
jawab Project Manager secara umum adalah memberikan laporan mengenai rencana
dan program yan ada kepada user, manajer tingkat atas dan kepada siapa saja
yang memerlukan. Semua informasi dari yang selalu berubah, keuangan, jadwal,
orang dan isu perusahaan atau semua hal yang mempengaruhi perusahaa jarus
dikomunikasian dengan PM yang akan menyampaikan kepada para anggota tim.
- Tanggung
jawab Project Manager khusus
Dalam setiap Fase
l.
Definisi (Definition)
Project
Manager adalah orang yang mengatur diambil atau tidaknya suatu keputusan. Hal
ini mungkin mempengaruhi wawancara dengan user dan membantu dalam pembuatan
dokumentasi.
2.
Analisis (Analysis)
PM akan memastikan bahwa FS dapat
selesai tepat pada waktunya. Negosiasi antara FS dengan klien, maenghasilkan
kesepakatan..
3.
Disain (Design)
Seorang
PM menyusun pertemuan secara rutin dan menerbitkan. Sebuah laporan harian.
Setiap minggunya dia harus memeriksa waktu dan merencanakan peningkatan
anggaran yang telah direncanakan perkiraan total biaya dan tanggal pengiriman
serta
mengulas kembali pendapatan jika
diperlukan.
4.
Pemrograman (programming)
Pada
tahap ini banyak melibatkan orang dengan segala bentuk permasalahannya. Seorang
manajer harus dapat memonitor semua yang terjadi dalam tim dan merespon segala
masalah yang ada.
5.
Sistem Integrasi dan Tes (System Integration And Test)
Pada
tahap ini seorang PM harus bisa menjaga keutuhan perusahaan Di lingkungan
luar (klien, manaier tingkat atas) mungkin bingung, menelepon
manajer, mengundang rapat, menutup rapat dan meminta laporan perkembangan
harian. Disinilah keberadaan PM dibutuhkan untuk tetap menjaga seluruh
keberhasilan dari tender proyek.
6.
Penerimaan (Acceptance)
PM
menjadwalkan waktu, fasilitas dan sumber-sumber yang dibutuhkan untuk
menjalankan system dan memastikan user menandatangi perjanjian.
7.
Operasi (Operation)
PM
harus memastikan bahwa dukungan teknik yang ditampilkan sebelumnya
tersedia dan user puas dengan system
operasional. Dan akhirnya PM mengadakan pertemuan untuk mengevaluasi proyek dan memberikan
laporan proyek
Tidak ada komentar:
Posting Komentar