Supply Chain pada produk Biskuit Kaleng.
• Untuk produk biskuit kaleng yang dipasarkan di pasar lokal dan juga ke
beberapa negara tetangga, perusahaan apa sajakah yang terlibat sehingga
anda bisa membeli produk tersebut di sebuah supermarket?
• Gambarkan supply chain dari produk ini.
SEVERAL CRITICAL QUESTIONS
• Where do you source your materials?
• Where do you process or convert them?
• What channels of distribution do you use?
• How do you build a strong relationship with your suppliers and
customers?
• How do you get direct information from your end-consumers?
• What logistics structure should you impose?
• How do you coordinate your information flows and systems globally?
• And how do you set up incentive systems for all of your partners in
the supply chain to optimize overall performance?
BERIKUT PENJELASANNYA!
Gambar diatas adalah Supply Chain dari produk Biskuit Kaleng
Perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam pembuatan biscuit kaleng
tersebut adalah sebagai berikut :
1. Pabrik gula
2. Pabrik terigu
3. Pabrik mentega
4. Pabrik garam
5. Pabrik kaleng
6. Distributor telor
7. Distributor Makanan
8. Supermarket /Agen
• Semua bahan baku, bahan mentah dan bahan penolong bersumber dari
pabrik gula, pabrik terigu, pabrik mentega, pabrik garam, pabrik kaleng,
dan distributor telor.
• Tempat untuk mengolah semua bahan mentah itu untuk menjadi biscuit
yaitu di pabrik biscuit itu sendiri.
• Saluran distribusi yang digunakan untuk memasarkan produk biscuit
kaleng ini adalah melalui distributor makanan yang terkenal lalu di
distribusikan ke sejumlah supermarket, waralaba atau agen yang dapat
berhubungan langsung dengan konsumen.
• Cara untuk menjalin hubungan yang baik dengan para supplier dan
kostumer adalah dengan bersikap professional, dapat di percaya, dan bina
komunikasi yang baik.
• Untuk mendapatkan informasi secara langsung dari konsumen terakhir
yaitu dengan cara memberikan angket melalui media online dan cetak. Dari
situ kita dapat melihat tanggapan masyarakat tentang produk yang kita
pasarkan.
• Struktur logika yang digunakan dalam management ini adalah dengan cara
:
Mengurangi mata rantai: penjualan dilakukan langsung ke pelanggan.
Memesan komponen hanya apabila sudah menerima pesanan. Menentukan waktu
standar bagi anggota supply chain. Menciutkan jumlah pemasok.
Mengutamakan pemasok yang dekat dengan pabrik. Mengembangkan jit
manufacturing. Mengembangkan e-commerce. Melakukan kemitraan.
SUMBER :
http://arinihoshi.blogspot.com/2012/10/supply-chain-pada-produk-biskuit-kaleng.html#header-wrapper
jangan mentah2 di copy-paste ya :)
BalasHapus