COMPIERE
Compiere adalah software Enterprise Resource Plning (ERP) yang bersifat
open source atau gratis untuk perusahaan menengah dan kecil dalam bidang
distribusi, ritel, pelayanan, dan manufakturing, compiere menggunanakan
database oracle danpostgreSQL
di bangun dengan menggunakan Java J2EE dapat di jalankan di berbagai
platform seperti Windows, Linux, Unix, dll. Di Indonesia, beberapa
perusahaan manufaktur di Indonesia sudah banyak yang menggunakannya.
Compiere dilengkapi dengan beberapa fitur, semisal Inventory Management,
Purchasing, Sales Order, Account Payable, Account Receivable dan
General Ledger sebagai pondasinya.
Cara menginstall compiere
1. Menginstall database
2. Menginstall JDK
3. Mengunduh dan mengekstrak Compiere
4. Persiapan Instalasi Server
5. Pengaturan Database (import dan setup database Oracle untuk
compiere)
6. Memulai server
7. Mensetup klien
8. Memulai klien (nama dan password)
Loginlah sebagai SuperUser (case sensitive) dan passwordnya : System.
Compiere akan mengingat data login anda. Pilih Role sebagai GardenWorld
Admin.
Halaman depan Compiere
Tampilan menu pada Compiere
5. Kelebihan Compiere :
• Implementasi Cepat, Dengan asumsi tanpa memerlukan proses pengambilan
keputusan yang panjang
• Benar benar Terintegrasi, artinya semua data (ERP, CRM dan Akunting)
di picu dari transaksi yang sama.
• Aman dari Kegagalan, orang umumnya akan berusaha aman dari kesalahan.
• Rich and Reach – Rich (kaya) mengacu pada system Clien/Server
interface yang memiliki semua fitur yang diperlukan. Reach (terjangkau)
mengacu kepada web interface dimana dapat diakses tanpa harus memerlukan
program khusus dari sisi klien.
• Global Market, cukup mudah membangun multi fungsi di Compiere dimana
mengijinkan
• anda untuk berbuat di pasar global dengan bahasa yang berbeda, mata
uang, dan metode akuntansi.
• Smart User Interface, hampir semua tampilan windows dikembangkan pada
aturan dasar, berdasarkan dictionary.
Berikut ini Toolbar yang terdapat dalam Compiere:
1. Ignore : tidak menyimpan data yang baru saja diinput.
2. Help : untuk menampilkan window help.
3. New Record : membuat atau memulai record baru.
4. Delete : Menghapus data yang sudah di input.
5. Save : menyimpan data yg diinput untuk disimpan dalam database.
6. Refresh : Menampilkan data yang baru diinput sehingga data yg lama
tidak tampil dalam window.
7. Find : mencari data yang dapat meliputi pencarian customer, vendor ,
client dan lainnya.
8. Attachment : digunakan untuk pengiriman database ke user yang meminta
pengiriman melalui web.
9. Data Grid : Menampilkan seluruh database yang berupa tabel.
10. History : tampilan kalender yang menentukan tanggal dibuatnya
database dalam compiere dan menampilkan seluruh data berdasarkan
tanggal.
11. Menu : digunakan untuk balik ke window menu utama.
12. Parent Record : menampilkan data hanya berupa judul.
13. Detail Record : menampilkan record atau data secara detail.
14. First Record : menampilkan record yang ada di baris atasnya beserta
dengan keterangan.
15. Last Record : menampilkan record hanya pada baris bawahnya atau
sebelum.
16. Next record : menuju kedalam record selanjutnya dalam suatu report.
17. Last record : menuju kedalam record sebelumnya dalam suatu report.
18. Report : menampilkan report yang sudah terdapat data input.
19. Arcive document & Report : mengambil data berupa dokumen dan
Report.
20. Print : icon yang digunakan untuk mencetak laporan dalam bentuk
hasil cetakkan kertas.
21. Zoom Across : menampilkan tampilan window zoom untuk mengganti data.
22. Active Workflows.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar